Pernahkah
menonton pertandingan tenis? Pertandingan tenis terutama yang sudah bertaraf
internasional seperti Grand Slam, Roland Garros Open, dan lain lain yang
dipastikan mempertemukan pemain top dunia dengan teknik dan pukulan yang sudah
berkelas. Permasalahan pada permainan tenis adalah sulitnya wasit menentukan
bola tersebut masuk atau keluar ketika bola diarahkan pemain tepat di tepi
garis. Dengan kecepatan bola yang sangat cepat, tentu sangat sulit bagi hakim
garis untuk menentukan apakah bola tersebut masuk atau keluar. Untuk itu
dibuatlah sebuah teknologi yang bisa membaca kondisi tersebut. Teknologi
tersebut dikenal dengan teknologi Hawk-Eye. Hawk-Eye (mata elang) adalah sebuah
sistem komputer yang kompleks yang digunakan dalam kriket, tenis dan olahraga
lainnya untuk melacak visual lintasan bola dan menampilkan catatan statistik
jalannya bola yang paling mungkin sebagai gambar bergerak dalam kriket, tennis,
dan olahraga lainnya.
Teknologi
Hawk-Eye dalam olah raga tennis ini berfungsi untuk merekam lintasan bola
meskipun dalam kecepatan yang sangat tinggi. beberapa kamera yang berada di
sekeliling lapangan bertugas untuk merekam pergerakan bola di lapangan. Sistem
akan mengolah data dengan cepat dari kamera-kamera tersebut. Data yang
dikirimkan berupa gambar lapangan yang telah dirumuskan dengan aturan permainan
tenis.
Metode
Operasi Semua sistem Hawk-Eye didasarkan pada prinsip-prinsip triangulasi
dengan menggunakan visual dan waktu yang disediakan oleh setidaknya empat
kamera video berkecepatan tinggi yang terletak di lokasi yang berbeda di
sekitar area bermain. Sistem ini cepat dalam menyimpan data berisi model
standar dari area bermain dan mencakup data dalam aturan permainan.
Dalam
setiap frame yang dikirim dari setiap kamera, sistem mengidentifikasi sesuai
dengan gambar bola. Kemudian menghitung untuk setiap frame posisi bola dengan
membandingkan posisinya pada setidaknya dua dari kamera secara terpisah dalam
waktu yang sama. Ini juga "meramalkan" jalur pergerakan bola dan di
mana ia akan berinteraksi dengan area bermain yang diprogram ke dalam database.
Sistem ini juga dapat menafsirkan interaksi ini untuk memutuskan pelanggaran
aturan permainan. Sistem ini menghasilkan gambar grafis dari jalur bola dan
area bermain, yang berarti bahwa informasi dapat diberikan kepada hakim, pemirsa
televisi atau staf pelatih secara real time dekat. Sistem pelacakan murni
dikombinasikan dengan database backend dan kemampuan pengarsipan sehingga
dimungkinkan untuk mengekstrak dan menganalisis tren dan statistik tentang
individu pemain, permainan, bola-bola untuk perbandingan, dll.
Pengolahan
Citra Dalam mengolah data berupa citra video, sistem akan mengolah frame-frame
yang terkumpul dari dalam kamera tersebut dengan kecepatan enam puluh frame per
detik. Tak ketinggalan, sistem sanggup mengolah milyaran persamaan dalam setiap
kali reli dalam tenis. Tidak hanya merekam jatuhnya bola di lapangan, kemampuan
pengarsipan telah membuat, sistem dapat menghitung statistik pemain sebagai
perbandingan. Setelah diolah, data tersebut dapat ditampilkan lewat monitor
apabila diperlukan.
sumber: http://fiscotech.blogspot.com/2012/11/perkembangan-simulasi-dan-teknologi-di.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar